Antara Aku Dan Andre Hirata

Kawan, pernahkah kalian berfikir tentang diriku sekarang? kalian tahu mengapa aku bermuram? Ya, Mungkin aku tak lebih dari Sahabat jauhku, Ikal namanya. Kalian tahu siapa Ikal? Ya, Seorang anak melayu udik yang pernah bersekolah di Sorbone University, Paris. Kuliah ke negeri orang dengan beasiswa pemerintah.

Masih tentang Ikal.
Berkelana mengelilingi dunia. Sebut saja ia terlempar ke daratan Skandinavia, menjadi patung ikan duyung di negara-negara Balkan bersama Arai, sepupunya. Parah lagi, mereka pernah ditangkap dan ditelanjangi polisi Rusia. Hanya demi memenuhi kebodohan Ikal, Mencar Cinta Sejatinya. Seorang wanita Thionghoa, Njoo Xiang Ling, atau lebih dikenal dengan A Ling. Cinta Sejati Ikal, itu katanya, boy.

Rela keliling Eropa dan Afrika, demi Sebuah mimpi dan A Ling. Keluar masuk tempat lokalisasi dan prostitusi A hingga Z. Mengapa demikian?. Ternyata, di Eropa nama Njoo Xiang Ling memang sangat terkenal. Yaitu nama Dari Jenis obat kuat pria dewasa yang dikemas dalam botol yang bergambar wanita Thionghoa yang aduhai di atas meja.

Ikal, seorang anak melayu udik yang besar di Belitong, negeri Laskar Pelangi. Menemukan cinta pertamanya, A Ling. Saat diperintahkan Bu Muslimah membeli kapur di Toko Sinar Harapan, Toko milik bapa nya A Ling, di Manggar.

Keliling dunia demi mencari A Ling, ternyata bertemunya masih di Belitong. Dasar bodoh kau, boy. Inikah takdir cintamu?

Satu lagi Sahabat jauhku yang tak lain adalah sepupu Ikal. Arai namanya. Dia juga adalah pemuda melayu yang udik. Lebih udik lagi dengan kegemarannya pada orjes Melayu Bang Zaitun. Tak jauh beda dari Ikal. Dia juga sukses menumpaskan mimpi-mimpi kecilnya dengan berkelana Eropa dan Afrika. Itu ekspedisi berdarah, boy.

Bedanya, kalo bertahun Ikal yang setia pada wanita yang tak ia ketahui rimbanya di Eropa, namun Ikal punya pacar disana. Katya, namanya. Gadis Jerman yang seksi. Araijauh lebih gila, boy. Namun, dibalik semua tingkah gila Arai, dia adalah lelaki ter-absurd yang pernah aku kenal. Kau tahu kawan apa penyebabnya? Apalagi Kalo bukan Zakiah Nurmala. Gadis Melayu yang cantik, yang telah lama menjadi incarannya. Sejak SMA.

Sewajtu Arai masih di Paris, dan ketika itu adalah hari ulang tahun Zakiah Nurmalah. Arai terdiam, ia menyimpan puluhan juta ton rindu pada gadis melayu yang teramat ia Cintai itu. Kau ingat, kawan, apa yang terjadi saat Arai menelpon Zakiah di hari ulang tahunnya?

Arai : Halo...
Zakiah : Ini siapa?
Arai : Ini Arai!
Zakiah : Arai?
Arai : Iya.. ini Arai, Arai..!
Zakiah : Dasar tak tahu malu! kau tahu ini jam berapa?!
Ini yang kau sebut lelaki melayu yang sukses di negeri orang?
Ini yang kau sebut orang melayu berpendidikan?
Ini jam Dua Pagi! Dasar Udik..
Arai : Selamat Ulang Tahun, Zakiah.
Suasana enjadi hening..
Arai : Halo..
tuttt.. tutt.. tutt...

"Kau dengar, boy Zakiah bilang apa tadi? "
Tanya Arai yakin pada Ikal.

"tentu,boy. Dia mencampakkan mu untuk kesekian kalinya, kan?"
Terus Ikal, dengan yakin.

"Tidak,Boy kau dengar tadi. Zakiah masih mencintaiku, boy!"
Semua terdiam.

Itu dia, penyakit gila nomor tiga belas : tidak bisa membedakan apa itu marah dan apa itu cinta.

Itulah, kawan. Yang membuat aku bangga dengan mereka, sahabat-sahabat jauhku itu. Perjuangan mereka mencari cinta sejatinya tiada matinya. Ikal, yang hingga Padang bulan belum juga mendapatkan indahnya cinta A Ling. Pulang dar Paris, hanya menjadi pelayan di sebuah warung kopi milik pamannya yang sakit selangkangan dan cerewet.
Pelajaran moral nomor tiga belas : Kuliah jauh-jauh ke paris, belum tentu bisa jadi oknum pemerintahan.

Tapi aku bangga dengan kawanku Arai. Kabar terakhir yang kuterima dari Maryamah Karpov. Kalau Cintanya bersama Zakiah Nurmala telah berhasil diwujudkan dalam sebuah pernikahan. Benar, boy. Arai sudah berbahagia dengan Zakiah Nurmala sekarang. Selamat, Kawan. Tapi maaf, boy. Aku tak sempat datang saat pernikahan kalian. Ku yakin, pasti kau menyewa Orkes Melayu Bang Zaitun untuk mendendangkan lagu-lagu melayu dan Rhoma Iramamu, disana.

Kawan, kalau kau cermati. Mengapa tulisanku berbeda?
Terinspirasi dari Andrea Hirata, ya itu idolaku.
Unik dan tidak monoton. Itu juga yang buat aku gila dengan buku-bukunya.

Pelajaran moral nomor satu : Semoga kisah cinta Arai dan Zakiah akan terwujudkan pula olehku.

Posted in . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.
Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.